Text
Analisis Kerusakan Seal Water Pump Pada Engine C13
Kinerja suatu engine diesel sangat dipengaruhi oleh sistem pendingin, Sistem pendingin engine bertanggung jawab untuk menjaga suhu engine agar selalu berada pada suhu operasi. Sistem pendingin mensirkulasikan cairan pendingin ke seluruh engine untuk mengurangi panas yang timbul akibat pembakaran dan gesekan. Kontaminan dapat mempercepat keausan dan merusak komponen engine. Dari sekian masalah yang timbul akibat kontaminan diantaranya adalah kerusakan seal . Dalam hal ini penulis menitik beratkan untuk mengetahui sebab/akibat, dan solusi dari kerusakan seal.
Penelitian ini menggunakan dengan cara observasi penelitian di lapangan, wawancara, serta study literatur dari berbagai media, buku, sebagai sumber refrensi dalam pembahasan komponen seal ceramic untuk mengetahui dasar penyebab, akibat, solusi dari kerusakan
Hasil dari penelitian ini diperoleh penyebab kerusakan seal ceramic yaitu karena kavitasi (cavitation), kesalahan handing dan penyimpanan, erosi (erotion), engine sudah lama tidak diopersikan, endapan silica (dropout). Adanya contamination pada coolant dan Kesalahan pada saat proses assemble. yang mengakibatkan usia pakai berkurang, seal ceramic jadi retak sehingga engine mengalami (overheating) dan oli dapat bercampur dengan coolant engine. maka dari itu untuk menghindari kerusakan seal ceramic yang sama, maka harus dilakukan perawatan yang sesuaiprosedur.
Kata kunci : Engine C 13, cooling system, seal, dan overheating
AB.200016 | AB 320 ANG a | My Library | Available |
No other version available