Text
Tinjauan Pendistribusian Dan Pengembalian Rekam Medis Rawat Jalan Poliklinik Rehabilitasi Medik Guna Meningkatkan Efektivitas Pelayanan Di RSUD Cibabat Cimahi Pada Masa Pandemi Covid-19
Berdasarkan hasil penelitian di RSUD Cibabat Cimahi, kegiatan pendistribusian rekam medis rawat jalan Poliklinik Rehabilitasi Medik belum memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM) yaitu ≤ 10 menit, karena masih banyak pendistribusian dan pengembalian rekam medis yang terlambat. Tujuan penelitian untuk mengetahui waktu pendistribusian serta pengembalian rekam medis guna meningkatkan efektivitas pelayanan.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan alat tulis, Stop Watch dan kalkulator.
Hasil penelitian yaitu jumlah sampel pendistribusian rekam medis rawat jalan ke Poliklinik Rehabilitasi Medik di RSUD Cibabat sebanyak 61 rekam medis dari jumlah populasi 158 rekam medis. Sehingga didapatkan jumlah rekam medis yang didistribusikan ≤10 menit sebanyak 38 (62%) rekam medis dan yang ≥10 menit sebanyak 23 (38%) rekam medis. Serta jumlah rekam medis yang kembali ≥1x24 Jam sebanyak 41 (67%) rekam medis dan yang kembali ≤1x24 Jam sebanyak 20 (33%) rekam medis. Efektivitas pelayanan petugas yang kurang maksimal, karena penumpukan rekam medis dikeranjang sebelum didistribusikan, serta terjadinya double job.
Saran sebaiknya dibuat target pencapaian kerja dan pemberian reward dan punishment sehingga petugas termotivasi untuk meningkatkan efektivitas pelayanan. Melakukan monitoring, evaluasi rutin agar setiap permasalahan yang terjadi bisa diantisipasi dan diselesaikan dengan baik.
Kata Kunci : Pendistribusian, Pengembalian, Efektivitas Pelayanan.
RM 210009 | RM 321 JUL t | My Library | Available |
No other version available