Image of Bank syariah : teori, kebijakan, dan studi empiris di Indonesia

Text

Bank syariah : teori, kebijakan, dan studi empiris di Indonesia



DAFTAR ISI:

Bagain 1 Bagain Syariah Dalam Perspektif Teori
Bagian 2 Perbankan Syariah: Kebijakan dan Strategi Pengembangan
Bagian 3 Perbankan Syariah: Studi Empiris di Indonesia


BOOK REVIEW:

Sejak diberlakukannya Dual SystemBank di Indonesia melaui UU Perbankan No. 10 tahun 1998 dan UU No. 21 tahun2008 serta diperkuat oleh eksistensi perbankan syariah di Indonesia, perkembangan bank syariah menunjukkan kemajuan yang pesat. Dunia perbankan di Indonesia mulai mendirikan unit syariah atau mengubah diri menjadi perbankan syariah. Namun, kondisi ini juga harus diikutu dengan peningkatan pemahaman masyarakat atas prinsip-prinsip syariah itu sendiri, terutama para pengelola dan calon pengelola bank syariah. Seiring dengan meningkatnya kebutuhan akan tenaga kerja di bidang keuangan dan perbankan, khususnya perbankan syariah, dunia perguruan tinggi menyambutnya dengan berupaya menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi lengkap untuk mengisi kebutuhan tersebut. Hal ini terlihat dengan semakin banyaknya perguruan tinggi yang membuka program khusu untuk perbankan syariah, mulai dari ‘program Diploma hingga Pascasarjana, Namun, pesatnya pembukaan program khusus itu oleh banyak lembaga pendidikan tidak diikuti dengan referensi tentang hal tersebut, terutama studi empiris. Referensi yang ada umumnya hanya mengkaji masalah fiqih muamalah, sehingga masih dianggap utopis atau bersifat konsep belaka.

Berdasarkan fenomena tersebut, penulis tergerak untuk menulis sebuah buku yang tidak hanya bersifat teori saja, tetapi juga bernuansa praktik dan studi empiris. Buku ini terdiri dari tiga bagian yang mencakup 19 bab. Sebagain besar bab-bab dalam buku ini telah dipublikasikan baik melaui seminar di mana penulis menjadi nara sumbernya maupun bebrapa jurnal ilmiah. Pada akhir buku ini juga dilampirkan UU No. 21 tahun 2008 tentang perbankan syariah sebagai payung hukum perbankan syariah di Indonesia.

Bagian pertama buku ini membahas bank syariah dalam perspektif teori, semantara bagian kedua membahas berbagai regulasi atau kebijakan yang berkaitan dengan bank syariah. Bagian ketiga membahas studi empiris yang berkaitan dengan bank syariah atau l embaga keuangan syariah di Indonesia. Studi empiris ini didasarkan pada penelitian yang dilakukan oleh penulis baik secara mandiri maupun melalui kajian bersama para mahasiswa yang dibimbing penulis dalam penulisan skripsi.


Availability

120022332.1 MAC bMy LibraryAvailable

Detail Information

Series Title
--
Call Number
332.109 598 MAC b
Publisher Penerbit Erlangga : Jakarta.,
Collation
214 hal. ; 28 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
978-979-075-187-3
Classification
332.109 598
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
--
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this