Text
Psikologi perkembangan: Suatu pendekatan sepanjang rentang waktu kehidupan, edisi 5
Daftar isi:
1. Pertumbuhan dan kemunduran
2. Periode pranatal
3. Masa bayi baru lahir
4. Masa Bayi
5. Awal masa kanak-kanak
6. Akhir masa kanak-kanak
7. Masa puber
8. Masa remaja
9. Masa dewasa dini penyesuaian pribadi dan sosial
10. Masa sewasa dini: penyesuaian pekerjaan dan keluarga
11. Usia Madya: penyesuaian pribadi dan sosial
12. Usia madya: Penyesuaian pekerjaan dan keluarga
13. Usia lanjut: Penyesuaian pribadi dan sosial
14. Usia lanjut: Penyesuaian pekerjaan dan keluarga
Book Review:
Dengan semakin meningkatnya volume riset di bidang perkembangan sepanjang usia selama rentang kehidupan, semakin sulitlah menjadikan buku teks ini selalu mengikuti zaman dari rvisi ke revisi sejak diterbitkannya pada tahun 1953. Tugas utama adalah menyeleksi bahan baru yang berkaitan, menyingkirkan bahan yang tidak berlaku lagi dan mengurangi isi yang telah diketahui oelh para mahasiswa dari kuliah-kuliah lainnya.
Agar revisi keempat ini lebih bermanfaat sebagai bahan kuliah bagi mahasiswa dan bahan pengajaran bagi para dosen, maka diadakan beberapa perubahan sebagai berikut:
• Pertama, banyak bidang yang pada saat ini disoroti, namun kurang diperhatikan atau hanya disinggung sepintas lalu saja di dalam banyak buku psikologi.
• Kedua, karena banyaknya komentar dari para dosen dan mahasiswa tentang kegunaan kotak-kotak di dalam edisi keempat buku ini, maka dalam revisi ini ditambahkan sejumlah kotak baru untuk menyoroti fakta-fakta yang penting, dan mengikhtisarkan bahan dari berbagai studi riset.
• Ketiga, akibat dari semakin meningkatnya minat terhadap kelompook usia pertengahan dan usia lanjut, serta semakin banyaknya telaah riset tentang semua aspek kehidupan pada tingkat usia ini, maka bab-bab yang mengupas masalah ditingkat usia tersebut jelas diperluas dengan mengetengahkan hasil telaah baru yang terpenting.
• Keempat, diadalam edisi ini dimasukkan lebih banyak lagi gambar kartun yang baru.
• Kelima, di dalam edisi ini diberikan lebih banyak lagi kutipan-kutipan langsung dari telaah riset ketimbang edisi terdahulu.
• Keenam, bahaya terhadap perkembangan yang terjadi di setiap tingkatan usia untuk pertama kali diperkenalkan di dalam edisi keempat buku ini, dan telah memperoleh komentar yang baik dari dosen dan mahasiswa.
• Ketujuh, berlainan dengan teknik yang lazim digunakan dalam buku pegangan tentang penyajian ringkasan pada setiap akhir bab, di dalam buku ini diberikan limabelas pokok-pokok penting sebagai ikhtisar.
• Kedelapan, banyak pembaca, baik mahasiswa maupun dosen menjumpai acuan (referensi) yang sama pada setiap bab, sehingga mengacaukan. Kalau tidak sangat mengganggu.
• Kesembilan, untuk menghindari banyaknya daftar kepustakaan yang dapat membingungkan pembaca dalam memilihh buku atau artikel yang baik digunakan sebagi sumber bahan untuk informasi.
170155 | 155 HUR p | My Library | Available |
No other version available