Text
Tingkat Kepuasan Pelayanan Peserta JKN di Bagian Pendaftaran Rawat Jalan Dalam Upaya Peningkatan Mutu Pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah Cibabat - Cimahi
Kepuasan Pasien sangat mempengaruhi mutu suatu Rumah Sakit. Kepuasan Pasien merupakan tanggapan pelanggan terhadap kesesuaian tingkat kepentingan atau harapan pelanggan sebelum menerima jasa pelayanan dengan sesudah pelayanan yang diterima. Berdasarkan Studi pendahuluan di bagian pendaftaran rawat jalan RSUD, menunjukan bahwa tingkat kepuasan pasien sebesar 69%. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan peserta JKN dalam upaya meningkatkan mutu pelayanan RSUD Cibabat – Cimahi.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh pasien BPJS Rawat jalan pada bulan Februari 2019. Sampel diambil menggunakan rumus slovin dengan tarap kesalahan sebesar 10%. Teknik pengumpulan data diambil menggunakan 3 cara yaitu observasi, wawancara, dan angket/kuesioner.
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat 48% peserta JKN yang mengatakan puas dengan pelayanan yang didapatkan di pendaftaran rawat jalan. 4,3% peserta JKN yang mengatakan sangat puas dengan pelayanan yang didapatkan di pendaftaran rawat jalan, 38,6% yang mengatakan cukup puas dengan pelayanan yang didapatkan dibagian pendaftaran rawat jalan, 9% yang mengatakan tidak puas dengan pelayanan yang didapatkan dibagian pendaftaran rawat jalan, dan hanya 0,1% yang mengatakan sangat tidak puas dengan pelayanan yang didapatkan dibagian pendaftaran rawat jalan. Tingkat kepuasan peserta JKN yang paling rendah yaitu terdapat pada waktu tunggu pelayanan sebesar 14% dan petugas yang melakukan 3S(Senyum, Sapa, dan salam) sebesar 16,3%. Namun pada aspek pelayanan lainnya, tingkat kepuasan pasien rata-rata telah berada diatas 40%.
Kata Kunci : Kepuasan, Peserta JKN, BPJS, Pelayanan, Pendaftaran
Pustaka: 21 (1997-2018)
RM.190013 | RM 319 RIZ t | My Library | Available |
No other version available