Text
Tinjauan Terhadap Waktu Tunggu Pasien Lama Rawat Jalan Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan di Rumah Sakit Jiwa Provinsi Jawa Barat
Waktu tunggu adalah waktu dimana pasien mulai dari mengambil antrian s/d berkonsultasi oleh dokter. Berdasarkan studi pendahuluan pada tanggal 18-22 Februari 2019 di Rumah Jiwa Provinsi Jawa Barat diketahui bahwa waktu tunggu pasien rawat jalan tidak sesuai dengan standar pelayanan mnimal menurut kepmenkes no. 129 tahun 2018.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analitik. Teknik Pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Populasi yaitu sebanyak 3345 pasien dan sampel berdasarkan rumus slovin kesalahan 10% yaitu berjumlah 100 Pasien. Instrumen penelitian menggunakan stpwatch, alat tukis, kalkulator, dan tabel bantu.
Hasil penelitian di Rumah Sajit Jiwa provinsi jawa barat rata-rata waktu tunggu pasien rawat jalan adalah 108.91 Menit. Jumlah dan persentasi waktu tunggu pasien lama rawat jalan adalah ≥60 menit sebanyak 93 pasien dengan persentasi (93%). Dan jumlah pasien lama rawat jalan berdasarkan waktu dalam menit (1) 1-60 menit sebanyak 6 pasien dengan persentase (6%). (2) 60-120 menit sebanyak 50 pasien dengan persentase (50%). (3) 120-180 menit sebanyak 44 Pasien dengan persentase (44%). Sebaiknya diadakan evaluasi serta memberikan penghargaan meupun hukuman bagi petugas serta dokter.
Kata Kunci: waktu tunggu, Pasien lam, Kualitas pelayanan
Kepustakaan : 31 (1975-2019)
RM.190012 | RM 319 CIT t | My Library | Available |
No other version available