Text
Tinjauan Pelaksanaan Sistem Rujukan Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan di Puskesmas Cimahi Selatan
Berdasarkan studi pendahuluan yang telah dilakukan di Puskesmas Cimahi Selatan menunjukan bahwa banyak pasien yang datang untuk meminta rujukan tanpa dilakukan pemeriksaan oleh petugas medis dan petugas terkadang tidak menjalankan prosedur yang telah ditetapkan.
Metode penelitian menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara, studi kepustakaan atau studi leteratur. Populasi dan sampel menggunakan kuota sampling. Instrumen penelitian menggunakan alat tulis, pedoman wawancara dan alat rekam.
Hasil penelitian menunjukan bahwa jumlah kunjungan pasien yang meminta rujukan pada tahun 2019 adalah 670 rujukan pasien. Alasan yang mendasar pasien meminta rujukan ke Puskesmas karen di Puskesmas tersebut tidak tersedianya tenaga dokter spesialis dan kurang puasnya terhadap pelayanan yang diberikan Puskesmas. Sehingga pasien tersebut memilih Rumah Sakit sebagai tempat berobat, serta Rumah Sakit memiliki peralatan penunjang medis yang memadai sesuai dengan kebutuhan pasien tersebut.
Penulis menyarankan agar petugas lebih tegas dan memberikan penjelasan kepada pasien tentang prosedur rujukan, agar pasien paham dengan prosedur yang ada di Puskesmas Cimahi Selatan.
Kata Kunci : Rujukan, Pasien, Prosedur.
Kepustakaan : 34, 2004-2018.
RM.190009 | RM 319 MER t | My Library | Available |
No other version available