Text
Analisis Kerusakan Radiator Cup Pada Mobil Toyota Kijang Rover
Era globalisasi kemajuan ilmu pengatahuan teknologi otomotif membuat dunia perguruan tinggi semakin dituntut untuk lebih menigkatkan kualitas mahasiswanya yang unggul dan profesional maka semua pihak harus bertanggung jawab baik pemerintah, masyarakat, keluarga dan perguruan tinggi. Khusunya dalam dunia pertambangan, mesin digunakan secara maksimum dalam melakukan suatu aktivitas kerja disamping itu juga cuaca dan kondisi area yang tidak stabil akan terjadi suatu permasalahan pada mesin yang sering kali mengalami masalah sistem pendingin dibagian radiator cap.
Radiator cap dengan angka 0,9 bar (0,91 Kg/cm) hasil pengukuran ditekan dengan tekanan 1.1 kg/cm pressure valve bekerja baik. Bilamana tutup radiator ditekan dengan tekanan lebih dari 0.9 bar (0,9Kg/cm) tidak bekerja maka bisa disimpulkan bahwa radiator cap rusak dan harus diganti. Pengujian radiator cap bekerja dengan baik dapat disimpulkan radiator cap masih layak digunakaan dalam jangka waktu yang sudah ditentukan dalam spesifikasi pada buku manual.
Kebocoran yang sering terjadi adalah cairan radiator cepat habis disebabkan ada kebocoran pada radiator cap, di radiator cap ada kerusakan dibagian relief valve. Radiator cap juga sangat berpengaruh terhadap sistem pendingin karena sistem pendingin sangat penting sekali dalam kinerja mesin bekerja secara maksimal. Bila mana radiator cap rusak mala sistem pendingin tidak bekrja secara maksimal, dapat menyebabkan overheating pada mesin.
Kata Kunci : Sistem Pendingin, Radiator cup.
MO.190008 | MO 319 MER a | My Library | Available |
No other version available