Text
Analisis Kerusakan Thermostat Pada Sistem Pendingin Honda Maestro '90
Kendaraan akan mengalami panas akibat dari pembakaran bahan bakar. Walaupun sebagian efisiensi panas dimanfaatkan kembali oleh mesin itu sendiri. Mesin akan mengalami oanas tinggi yang berlebih atau yang biasa disebut dengan Overheating bila panas mesin itu tidak dikurangi. Sistem pendingin dirancang untuk mengurangi resiko terjadinya overheat dan dilengkapi oleh water jacket, termostat, radiator, pompa air dan komponen-komponen lian sebagai pendungkungnya.
Suhu kerja mesin biasanya di sekitar 85-95 derajat C. Jika suhu terlalu tinggi, kompoen-komponen pada mesin bisa menjadi cepet rusak. Sedangkan jika suhu mesin terlalu rendah atau dingin, pembakaran tidak berlangsung sempurna. Yang bertugas untuk menjada suhu kerja ini adalah termostat,. Termostat merupakan komponen dalam mesin yang berfungsi menjada suhu mesin cepat berada di suhu kerja dan menstabilkan arus air yang berputar. Pada suhu tertentu, komponen ini akan membuka saluran hingga saluran air pendingin yang ada di mesin mengalir ke radiator untuk didinginkan oleh kipas dan hembusana angin dari arah depan. Jika termostat dilepas, maka mesin memerlukan waktu yang aga lama untuk mencapai suhu kerja. Dan kemampuan mesin jadi berkurang saat mesin sedang akselerasi atau bahkan saat top speed.
Hasil dari analisa kerusakan, maka ditemukan kerukan dan penyebab serta dilakukan tindakan. Penyebeb kerusakan tersebut berasal dari penggunaan water coolant dan perawatan yang tidak baik. Hal ini menyebabkan umur pengguna termostat menjadi cepat rusak.
Kata Kunci : Sistem Pendingin, Water Temperature Regulator (Termostat).
MO.190005 | MO 319 MUH a | My Library | Available |
No other version available