Text
Analisis Kerusakan Master Rem Pada Mobil Daihatsu Luxio D Tahun 2012
Kendaraan membutuhkan rem demi kelancaran dan keselamatan berkendara. Rem merupakan salah satu komponen mobil yang dapat membantu pengemudi dalam mengendalikan laju kendaraan, mengurangi kecepatan, dan menghentikan laju kendaraan jika diperlukan. Terdapat beberapa jenis rem yang dikenal dalam kendaraan. Diantaranya adalah rem cakram dan rem tromol. Prinsif kerja rem cakram dan rem tromol tidak terlalu jauh berbeda cara kerjanya. Perbedaannya, rem cakram bekerja atas dasar gesekan antara kapas rem dan tromolnya. Ketika pedal rem diinjak, kampas rem akan menahan laju tromol hingga kendaraan melambat. Rem cakram dianggap lebih pakem dibanding dengan rem tromol karen rem cakram menjepit rotor kendaraan secara langsung.
Penulis hanya meneliti kerusakan pada master rem yang sangat menggangu pada kenyamanan pengendara. Selain itu kerusakan master rem menyebebkan kecelakaan. Untuk itu cara perbaikannya adalah dengan mengganti seal pada komponen master rem bilamana master rem bocor pada waktu pedal rem diinjak penuh, jarak antara pedal rem dan lantai terlalu rendah dan pengereman tidak bekerja dengan baik. Hasil pemeriksaan visual bagian master rem dari hasil pengukuran diameter piston master rem 22,00 mm dan standar dari piston master rem luxio 22,00 mm. Dari hasil yang penulis dapat piston masih dalam kondisi baik. Begitu juga komponen seal dari hasil pengukuran 21,40 mm standar 21,30 mm, maka dari kondisi pemeriksaan seal piston masih layak digunakan. Diameter silinder dari hasil pengukuran penulis mendapat hasil 22,20 mm, dan standar silinder master rem luxio 22,20 mm, maka dari hasil pemeriksaan silinder master rem masih layak digunakan. Maka dapat disimpulkan kondisi master ren dan komponen-komponen master rem masih layak untuk digunakan.
Mengingak rentannya kecelakaan dikarenakan pengereman tidak bekerja dengan baik, maka penulis menyarankan untuk melakukan perawatan dan pengecekan visual yang rutin pada setiap ingin bepergian. Lakukan juga master rem secara berkala supaya mencegah kerusakan yang dini
Kata Kunci : Komponen Tromol, Komponen Cakram, Komponen master rem, Prinsif Kerja Master Rem.
MO.190014 | MO 319 HAS a | My Library | Available |
No other version available