Text
Tinjauan Tingkat Kepuasan Pasien JKN Dalam Meningkat Mutu Pelayanan Kesehatan di Bagian Pendaftaran Puskesmas Cimahi Tengah
Hasil studi pendahuluan pada tanggal 07 Februari 2019 didapatkan 4 dari 10 orang pasien merasa tidak puas terhadap pelayanan pendaftaran Puskesmas Cimahi Tengah, sehingga perlu diteliti tingkat kepuasan pasien JKN mengenai mutu pelayanan pendaftaran di Puskesmas Cimahi Tengah. Mutu pelayanan yang baik saat ini menjadi penting untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan kepuasan pasien. Sehingga pelanggan yang puas akan berbagi kepuasan dengan produsen atau penyedia jasa. Bahkan pelanggan yang puas akan berbagi rasa dan pengalaman dengan pelanggan lain.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan pendekatan cross-sectional. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner terhadap 96 pasien JKN yang diambil berdasarkan accidental sampling.
Hasil penelitian menunjukkan presentase kepuasan pasien JKN sebesar 76,70 % dengan kategori baik. Petugas melakukan proses pendaftaran sesuai dengan SOP dan alur pelayanan. Kurangnya tenaga administrasi di bagian pendaftaran dan kurangnya sosialisasi mengenai kebijakan JKN yang terbaru menjadi penyebab kendala pendaftaran di Puskemas Cimahi Tengah. Hal ini dapat menyebabkan berkurangnya jumlah kunjungan pasien dan upaya yang dapat dilakukan yaitu melakukan kegiatan sosialisasi mengenai kebijakan JKN dan sistem rujukan serta melakukan koordinasi dan komunikasi yang efektif untuk memenuhi kebutuhan tenaga petugas dibagian pendaftaran.
Saran hendaknya tenaga kesehatan dapat menunjukkan sikap yang lebih baik lagi kepada pasien serta dapat memberikan perlakuan yang sama bagi semua pasien. Sosialisasi yang rutin perlu dilakukan baik secara lisan maupun tulisan melalui pemasangan papan pengumuman dan banner mengenai pelayanan yang diberikan di Puskesmas Cimahi Tengah serta perlu adanya petugas atau satpam untuk memberikan arahan kepada pasien dalam melakukan proses pendaftaran.
Kata Kunci : Mutu Pelayanan Kesehatan, Kepuasan Pasien
RM.190037 | RM 319 ILH t | My Library | Available |
No other version available