Text
Perancangan Dan Implementasi Aplikasi Edukasi Pramuka Berbasis Mobile (Studi Kasus SMP Negeri 4 Padalarang)
Sektor pendidikan merupakan salah satu bidang yang membutuhkan pemanfaatan multimedia sebagai media pembelajaran dan pengajaran yang interaktif karena media pembelajaran yang kurang dinamis berakibat kepada kurang efektifnya proses pembelajaran. Media pembelajaran berbasis multimedia dapat diimplementasikan baik untuk kegiatan intrakurikuler maupun ekstrakurikuler seperti kegiatan pramuka. Tujuan penelitian ini adalah menyediakan media pembelajaran alternatif mengenai pramuka berbasis mobile pada studi kasus di SMP Negeri 4 Padalarang. Aplikasi edukasi pramuka berbasis mobile dirancang dan diimplementasikan menggunakan metodologi Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari 5 (Lima) tahap. Aplikasi dirancang menggunakan tools Unified Modeling Language (UML) berdasarkan kebutuhan pengguna yang diperoleh dari hasil observasi dan diimplementasikan menggunakan perangkat lunak android studio versi 3.1.4. Hasil uji menggunakan metode black box menunjukkan aplikasi dapat berjalan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Sedangkan hasil User Acceptend Test (UAT) terhadap 21 responden berdasarkan 3 (Tiga) kategori yang diujikan (desain, fitur dan kepuasan pengguna) menunjukkan nilai rata-rata 4.38 (87.5%), dengan nilai tertinggi 4.67 (93.3%) pada parameter mudah digunakan.
Kata Kunci: Multimedia, Mobile, MDLC, Black Box, UAT
TI.190027 | TI 419 MUH p | My Library | Available |
No other version available