Text
Tinjauan Sistem Antrian Pendaftaran Menggunakan Queuing Model Di Puskesmas Cimahi Selatan Dalam Meningkatkan Pelayanan
Berdasarkan Studi Pendahuluan yang dilakukan di Puskesmas Cimahi Selatan, bahwa Selatan masih banyak pasien tidak mengetahui sistem penomoran antrian sehingga ada pasien yang salah mengambil nomor antrian dikarnakan hal tersebut membuat pasien salah masuk poli dan tidak terpanggil dikarnakan lama tunggu yang cukup lama bagi pasien sehingga pasien yang telah terlewat 10 nomor antrian harus mengulang mengambil nomor antrian.
Metode Penelitian yang digunakan deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu Observasi, jenis data yang digunakan data primer dan sekunder, alat penelitian yang digunakan alat tulis, lembar observasi, stopwatch, dan kalkulator.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa jumlah terdapat 4464 pasien di bulan febuari , jumlah pasien yang tidak terpanggil memiliki jumlah 775 pasien dan yang paling dominan yaitu pasien poli lansia sejumlah 345 pasien dari kesemua poli yang ada.
Hal ini dikarnakan pasien lansia rata” berumur 60 tahun keatas dan memiliki kurang pendengaran terlebih lagi banyaknya pasien di puskesmas tersebut.
Penulis menyarankan bahwa pihak Puskesmas menabah petugas keamanan dan menyediakan alat mesin antrian agar pasien dapat tertib dan terkendali
Kata kunci :Antrian, pasien, prosedur
RM.190044 | RM 319 AID t | My Library | Available |
No other version available