Text
Tinjauan Pendaftaran BPJS Rawat Jalan Khusus Lansia guna Menunjang Mutu Pelayanan di RSAU dr. M. Salamun Bandung
Berdasarkan hasil studi pendahuluan, wawancara dan observasi yang dilakukan oleh penulis padatanggal 13 januari 2020 s/d 14 januari 2020 terdapat 6 orang petugas pendaftaran rawat jalan dan 40 pasien dengan 15 berkas rekam medis rawat jalan yang terlambat sampai ke poloklinik, denganrata – rata waktu tunggu pasien yang membawa KIB 7.00 menit dan rata – rata pasien yang tidak membawa KIB 16.00 menit. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kualitas pelayanan pendaftaran dalam melayani pasien BPJS rawat jalan khusus lansia dalam setiap tahapan pelayanan untuk menunjang mutu pelayanan di RSAU. dr. M. Salamun Bandung.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan wawancara.
Hasil penelitian terhadap tinjauan Standar Operasional Prosedur pelayanan pendaftaran khusus lansia di RS TNI AU dr. M. Salamun Berdasarkan hasil observasi dan wawancara penulis terdapat 27.439 pasien dalam 3 Bulan terakhir Tahun 2019, dengan jumlah pasien Lansia 14.310 pasien, dengan sampel 100 orang diambil menggunakan rumus Slovin, dan ditemukan data dari sampel yang membawa KIB sebanyak 55 pasien dan yang tidak membawa KIB sebanyak 45 pasien, menyebabkan terhambatnya waktu tunggu pasien dalam pelayanan pasien yang menjadi lambat. Saran dari penulis yaitu pelaksanaan pelayanan pendaftaran BPJS rawat jalan khusus lansia sudah sesuai dengan SOP yang ada, namun pasien lansia merupakan pasien yang memerlukan pelayanan khusus yang lebih intensif untuk di observasi menunjang mutu pelayanan dan kepuasan terhadap pasien, selain itu adapun SOP yang berlaku pada pendaftaran hanya saja masih menyatu dengan SOP pendaftaran selain usia lanjut.
Kata kunci : Pendaftaran Rawat Jalan dan Mutu Pelayanan
RM.200009 | RM 320 RIR t | My Library | Available |
No other version available