Text
Tinjauan Kepuasan Pasien Jaminan Kesehatan Nasional di Bagian Pendaftaran guna Meningkatkan Mutu Pelayanan di Puskesmas Cimahi Utara
Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang di lakukan pada bulan Februari 2020 di Puskesmas Cimahi Utara dengan cara mewawancarai beberapa pasien, terdapat data dari 30 responden, 21 responden atau 70% menyatakan puas, dan 9 responden atau 30% menyatakan tidak puas.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian Deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang diambil adalah kunjungan pasien JKN bulan Januari 2020. Jumlah sampel yang dibutuhkan 97 sampel.
Hasil penelitian perhitungan kuesioner, dari seluruh pertanyaan dapat di simpulkan bahwa banyak responden yang memilih Sangat Puas terhadap Pelayanan Pendaftaran di Puskesmas Cimahi Utara, dengan Indeks Likert rata rata 79% dengan kategori Sangat Puas. Permasalahan yang di hadapi oleh petugas pendaftaran diantaranya petugas harus memeriksa kartu JKN pasien, petugas yang tidak masuk kerja, pasien yang tidak membawa kartu KIB dan BPJS error.
Sebaiknya prosedur pelayanan pendaftaran di optimalkan lagi dengan memberikan pelatihan kepada para petugas pendaftaran serta melakukan evaluasi terhadap pelayanan yang sudah diberikan sehingga kepuasan pasien dapat terwujud.
Kata Kunci : Kepuasan pasien, pelayanan pendaftaran, mutu
RM.200015 | RM 320 EVI t | My Library | Available |
No other version available