Text
Perancangan Media Pembelajaran Interakif Klasifikasi Hewan Berbasis 3D Hologram Studi Kasus SD Negeri Tugu
Keberadaan multimedia membawa perubahan bagi pengguna komputer dalam berinteraksi dengan komputer lainnya melalu penggabungan antara media grafis, teks, suara, dan video atau animasi yang berupa gambar bergerak. Sektor pendidikan merupakan salah satu bidang yang sangat membutuhkan pemanfaatan multimedia dalam suatu bentuk media pembelajaran dan pengajaran bagi guru yang interaktif untuk lebih memudahkan dalam memahami pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar.Media pembelajaran yang kurang dinamis akan menyebabkan kurang efektifnya proses pembelajaran. Berdasarkah hasil observasi yang dilakukan penulis diperoleh data bahwa pada mata pelajaran IPA sub bab klasifikasi hewan 10 siswa mendapat nilai rendah (dibawah 60) dan kurang memahami materi (%). Pengujian ulang 22 responden (%) aplikasi media pembelajaran interaktif klasifikasi hewan dapat menjadi sebuah alat bantu media belajar. Tujuan yang hendak dicapai penulis dlaam penelitian ini adalah menyediakan alternatif media pembelajaran mengenai klasifikasi hewan berbasis 3D hologram, dengan menampilkan pula video dalam bentuk 2D dan 3D. aplikasi ini dibangun menggunakan metodologi MDLC, Pengujian ulang responden setelah menggunakan aplikasi media pembelajaran interaktif klasifikasi hewan berbasis 3D hologram meningkat (nilai diatas 70). Berdasarkan hasil uji oleh responden terhadap aplikasi media pembelajaran klasifikasi hewan berbasis 3D hologram telah sesuai dengan kebutuhan pengguna(%).
Kata Kunci :3D Hologram, Animasi, IPA, Multimedia, Media Pembelajaran, MDLC
TI.200006 | TI 420 ANN p | My Library | Available |
No other version available