Text
Tinjauan Sistem Rujukan BPJS di Puskesmas Cimahi Utara Dalam Mendukung Cakupan Pelayanan BPJS di Kota Cimahi
Berdasarkan hasil studi pendahuluan penulis menemukan beberapa faktor yang menghambat rujukan di Puskesmas Cimahi Utara. Prosedur sistem rujukan di Puskesmas Cimahi Utara tidak berjalan sebagaimana seharusnya di karenakan adanya faktor hambatan.
Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif.
Hasil penelitian yang didapatkan oleh penulis yaitu faktor yang menghambat sistem rujukan BPJS diantaranya kurangnya komunikasi antara fasilitas kesehatan perujuk dan tujuan rujukan, kondisi sosial budaya masyarakat yang dapat memperlambat proses rujukan, kondisi sosial budaya masyarakat yang dapat memperlambat proses rujukan adalah: budaya berunding, takut dirujuk serta berobat dan proses yang dilakukan dengan bantuan dukun, masyarakat kebanyakan cenderung mengakses pelayanan kesehatan terdekat atau mungkin paling murah tanpa memperdulikan kompetensi institusi ataupun operator yang memberikan pelayanan, permasalahan yang dialami puskesmas dalam melayani kesehatan masyarakat dalam gedung atau di luar gedung adalah kurangnya tenaga, kendala jarak yaitu faktor geografis. Saran untuk mengatasi masalah prosedur sistem rujukan ialah sebaiknya untuk rujukan petugas lebih banyak berkomunikasi dengan pasien agar pasien tahu pentingnya rujukan dan sebaiknya petugas juga memberitahu alur rujukan kepada pasien agar pasien tidak kebingungan.
Kata Kunci : Rujukan, Faktor Penghambat Rujukan, Pasien BPJS
Kepustakaan : 2009 - 2020
RM.200030 | RM 320 FAI t | My Library | Available |
No other version available