Text
Media Pembelajaran Bahasa Sunda Bahasan Aksara Sunda Multimedia (Studi Kasus SMAN 13 Bandung)
Pencapaian kompetensi dasar tanpa didukung alat bantu pembelajaran dapat mempengaruhi tingkat ketercapaian dan efektivitas pada proses pembelajaran. Pembelajaran dengan metode konvensional berdampak kepada kualitas dan kompetensi seorang guru dan keterampilan dari siswa/i. Media pembelajaran sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan efektivitas, memadatkan informasi dan isi pelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat media pembelajaran mata pelajaran Bahasa Sunda bahasan aksara Sunda berbasis multimedia pada studi kasus di SMAN 13 Bandung. Metodologi yang digunakan adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari 6 (Enam) tahap (concept, design, material collecting, assembly, testing dan distribution). Aplikasi media pembelajaran aksara Sunda dirancang berdasarkan kebutuhan pengguna yang diperoleh dari hasil observasi dan diimplementasikan menggunakan Adobe Flash Professional CS6 Action Script 3.0. Pengujian menggunakan metode black box testing menunjukan aplikasi telah berjalan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Hasil uji User Acceptend Testing (UAT) dilakukan terhadap 26 respondenmenunjukan nilai rata-rata hasil uji untuk ketiga kategori (desain, fitur dan kepuasan pengguna) dengan 11 parameter uji yaitu 4,09 (81,89%).
Kata kunci : Multimedia, Multimedia Development Life Cycle (MDLC), Black Box Testing, User Acceptend Testing (UAT)
TI.200008 | TI 420 GIN m | My Library | Available |
No other version available