Text
Perancangan dan Implementasi Game Edukasi Matematika Bahasan Trigonometri Berbasis Mobile (Studi Kasus SMK Pakuan Lembang)
Tingkat kemampuan matematika siswa di Indonesia berdasarkan hasil survei Organization for Economic Co-operation and Development masih rendah. Berbagai faktor yang mempengaruhi rendahnya kemampuan matematika siswa adalah streotipdikalangansiswa yang menganggapbahwamatapelajaranmatematikasulituntukdipahami, metodebelajarmasihterpusat pada guru yang berakibat tidakoptimalnya proses transfer pengetahuan. Pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran dalam bentuk visual menjadi satu dari beberapa solusi untuk menciptakan proses belajar yang efektif. Jenis media pembelajaran bentuk visual diantaranya dalam bentuk game. Game sebagai media pembelajaran dapat membuat suasana lebih menyenangkan sehingga mengurangi kejenuhan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menyediakan pembelajaran alternatif mengenai matematika bahasan trogonometri berbasis mobile game pada studi kasus di SMK Pakuan Lembang. Multimedia Development Life Cycle (MDLC) adalah metodologi yang digunakan oleh penulis dalam kajian ini, terdiri dari 6 (Enam) tahap (konsep, perancangan, pengumpulan bahan, pembuatan, pengujian dan distribusi). Aplikasi diuji dengan menggunakan metode black box (uji aplikasi) dan User Acceptend Test (UAT). Hasil uji terhadap 26 responden terhadap 3 variabel (desain, fitur dan kepuasan mengguna) menunjukkan bahwa secara keseluruhan telah sesuai dengan kebutuhan pengguna (85,4%).
Kata Kunci: Multimedia, Game Edukasi, Media Pebelajaran, MDLC
TI.200010 | TI 420 TED p | My Library | Available |
No other version available