Text
Analisis Penyebab Terjadinya Tekanan Oli Lemah Pada Engine 3408 SN 2BG00484
ZOAN RAHMAT ZAKARIA SIBORO E51171020. Analisis Penyebab Terjadinya Tekanan Oli Lemah Pada Engine 3408. Tugas Akhir, Program Pendidikan Vokasi D-III Alat Berat, Politeknik TEDC Bandung.
Engine merupakan jantung atau sumber tenaga baik unit alat berat, generator set maupun perkapalan (marine) serta alat produksi lainnya. Saat engine beroperasi, semua sistem yang ada pada engine sangat berpengaruh bagi kinerjanya, terutama sistem pelumasan atau lubrcation system. Pompa oli mengalirkan oli ke semua komponen engine yang membutuhkan pelumasan, sehingga tekanan oli harus diperhatikan. Jika tekanan oli kurang atau low engine oil pressure terjadi akan menimbulkan permasalah yang tidak dapat dihindari. Masalah yang timbul dapat diminimalisir dengan tindakan pencegahan dan perawatan dalam komponen engine.
Metode pertama yang digunakan dalam laporan ini adalah pemahaman literatur. Data yang diperoleh dari pemahaman literatur mengacu pada masalah low engine oil pressure. Metode kedua adalah observasi, metode ini diambil ketika melaksanakan On Job Training (OJT). Metode terakhir adalah wawancara, dengan mengajukan pertanyaan tentang masalah-masalah yang sering terjadi di lapangan kepada mekanik PT Trakindo Utama yang berpengalaman dibidangnya.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa low engine oil pressure disebabkan oleh rusaknya pressure relief valve yang terdapat pada pompa oli. Kontaminasi dan nilai tension pada spring pressure valve menyebabkan pressure relif valve mudah terbuka dibawah tekanan yang seharusnya
Kata kunci: Engine, Rendahnya Tekanan oli, Pompa Oli, Preesure Relief Valve.
AB.200004 | AB 320 ZOA a | My Library | Available |
No other version available