Text
Studi Perbandingan Daya Dukung Tanah Antara Metode Perbaikan Tanah Cement Fly-ash Gravel (CFG) Pile Dan StonneColumn Di DK 108+300 – DK 108+710 Pada Proyek Kereta Cepat Jakarta – Bandung Daerah Kertamulya Padalarang Kabupaten Bandung Barat
Pembangunan sistem transportasi darat sebagai penghubung antar wilayah di bebagai daerah di Indonesia sedang ditingkatkan. Salah satu pembangunan transportasi berskala nasional yaitu pembangunan Kereta Cepat Jakarta – Bandung menjadi solusi alat transportasi umum bagi negara kita yang sedang berkembang ini. Panjang lintasanKereta Cepatini, sepangjang 142 kilometer melewati perbukitan dan perkebunan di sepanjang lintasan, karena itu tentunya banyak pekerjaan subgrade yang akan dikerjakan.
Dalam tugas akhir ini, jenis perkuatan tanah lapisan dasar (subgrade) yang akan dipilih adalah Cement Fly-ash Gravel (CFG) Pile dan Stone Column guna mengetahui nilai daya dukung masing-masing taing di sepanjang titik pekerjaan (DK 180+300 – Dk 180+710) dan diakhiri dengan pengujian validitas, reliabilitas dana uji T.
Dari hasil analisa daya dukung tiang dan sehingga menghasilkan 21 sampel disetiap masing-masing pekerjaan. Maka dilakukanlah pengujian validitas, reliabilitas dan uji t secara ber-urutan dengan menggunakan SoftwareIBM SPSS Statistics 26. (1). Berdasarkan hasil pengujian validitas untuk daya dukung cement fly-ash gravel (CFG) pile, didapatkan r-hitung sebesar 0.979> nilai indeks valid sebesar 0.3 maka dinyatakan data tersebut valid. Dan untukhasil pengujian validitas untuk daya dukung stone column, didapatkan r-hitung sebesar 0.948> nilai indeks valid sebesar 0.3 maka dinyatakan data tersebut valid. (2). Berdasarkan hasil pengujian reliabilitas untuk daya dukung cement fly-ash gravel (CFG) piledan stone column, didapatkan nilai Cronbach’s Alpha sebesar 0.914>0.60 maka dinyatakan data tersebut reliabel atau konsisten. (3). Berdasarkan hasil pengujian uji t menggunakan metode Independent Sample T-Test mendapatkan hasil t-hitung untuk cement fly-ash gravel (CFG) pile dan stone column sebesar 0.29 < t-tabel sebesar 1.729dan nilai Sig. sebesar 0.977 > 0.05 maka dinyatakan tidak ada perbedaan yang signfikan diantara kedua variabel dan tidak memiliki pengaruh signifikan satu sama lainnya.
Kata kunci : cement fly-ash gravel (CFG) pile, stone column, daya dukung, validitas reliabilitas, uji t, IBM SPSS Statistics 26
KB.200002 | KB 420 RIZ s | My Library | Available |
No other version available