Text
Aplikasi Masjid Agung Kota Cimahi Berbasis Mobile
Masjid Agung Kota Cimahi dalam memberikan sebagian informasi masih menggunakan cara yang manual yaitu dengan cara meletakan informasi tersebut di papan pemberitahuan dan menggunakan pengeras suara. Tujuan penelitian ini adalah merancang dan mengimplementasikan Aplikasi Masjid Agung Kota Cimahi berbasis mobile sehingga diharapkan memberikan kepada DKM dan Jemaah dalam menggunakan dan mengelola informasi di Masjid Agung Kota Cimahi. Aplikasi ini dirancang dan diimplementasikan menggunakan metodologi Software Development Life Cycle (SDLC) yang terdiri dari 5 (Lima) tahap. Aplikasi dirancang menggunakan tools Unified Modeling Language (UML) berdasarkan kebutuhan pengguna yang diperoleh dari hasil observasi dan diimplementasikan menggunakan perangkat lunak android studio versi 3.6.2. Hasil uji menggunakan metode black box menunjukkan aplikasi dapat berjalan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Sementara hasil uji penerimaan pengguna (user acceptance test) aplikasi Masjid Agung Cimahi berdasarkan parameter dari 3 kategori (desain, fitur dan kepuasan pangguna) yang diujikan diperoleh data hasil uji bahwa desain (Text 85%), Fitur (Login, menampilkan data dan logout 90%). dan kepuasan pengguna (kemudahan dalam penggunaan 90%). Secara keseluruhan sistem yang dibuat telah sesuai dengan kebutuhan pengguna (88,14%) atau dengan nilai rata-rata 4,38.
Kata Kunci: Masjid, Software, Mobile, SDLC, Black Box
TI.200029 | TI 420 RAI a | My Library | Available |
No other version available