Text
Aplikasi Pelayanan Desa Berbasis Web di Desa Marengmang Kabupaten Subang
Pelayanan Desa menggambarkan identitas Desa itu sendiri karena pelayanan sangat di perlukan oleh penduduk. Selama ini sistem pelayanan pembuatan surat di kantor Desa Marengmang menggunakan pelayanan dalam bentuk sistem manual, pelayanan dilakukan oleh seorang petugas. Beberapa permasalahan yang dihadapi dari sistem pelayanan ini seperti sulit dan lambat dalam proses pengajuan usulan surat baru, surat izin dan surat keterangan. Sementara masyarakat menginginkan pelayanan yang ramah, cepat dan efektif. Sebagai solusi dari permasalahan tersebut telah dibuat Sistem Informasi Pelayanan Desa Marengmang Berbasis Web. Dalam penelitian ini metode pengembangan perangkat lunak yang digunakan adalah metode Waterfall. Sistem informasi ini dibuat dengan menggunakan framework Laravel dan MySQL sebagai tempat penyimpanan datanya. Sistem Informasi Pelayanan Desa dapat dijadikan solusi untuk memberikan layanan yang efektif dan cepat kepada penduduk. Pada sistem informasi pelayanan desa ini penduduk dapat mengakses layanan seperti membuat surat keterangan dan surat pengantar untuk berbagai keperluan dengan cara memasukkan atau mengetik Nama Lengkap dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) ke sistem informasi pelayanan Desa Marengmang jika data ditemukan masyarakat bisa langsung melakukan layanan yang diinginkan. Hasilnya dari aplikasi berupa surat keterangan atau surat pengantar.
Kata Kunci: Sistem Informasi, Pelayanan Desa, Waterfall, Web.
TI.200039 | TI 420 KAB a | My Library | Available |
No other version available