Text
Perawatan dan Perbaikan Kopling Hidrolik pada Mitsubishi Lancer 1600 cc
Sistem kopling merupakan salah satu jenis sistem pemindah daya (power train). Pada sistem transmisi manual kopling bekerja secara hidrolik dari mulai putaran poros engkol mesin, lalu diterima oleh kopling hidrolik dan tenaga yang di terima kopling hidrolik kemudian disalurkan ke transmisi sampai ke roda kendaraan. Permasalahan yang dibahas dalam penulisan tugas akhir ini yaitu mengenai cara kerja kopling hidrolik , gejala kerusakan kopling dan cara mengatasi kerusakan kopling hidrolik pada mobil Mitsubishi lancer 1600cc.
Kerusakan pada kopling akan sangat mengganggu pada kenyamanan pengendara. Selain itu kerusakan kopling dapat menyebabkan kecelakaan karena jalannya menjadi tidak aman dan kopling tidak bisa bekerja dengan baik. Adapun beberapa gejala-gejala kerusakan pada kopling yaitu: mesin mati saat mulai berjalan , terjadi kejutan besar atau mesin mati saat mulai jalan atau berhenti, akselerasi lamban, kopling slip/ shuddering, dan lain-lain.
Salah satu penyebabnya yaitu karena kotornya oli transmisi. Hal ini disebabkan oleh gesekan di antara komponen, kemudian menimbulkan adanya bram (biji besi) yang mengakibatkan lubang fluida di dalam kopling hidrolik (hydraulic clutch)terhambat. Oleh karena itu perawatan dan perbaikan harus dilakukan secara berkala untuk mendapatkan kondisi mobil yang prima sehingga dapat mencegah terjadinya kecelakaan.
Kata kunci: Kopling hidrolik, power train, slip, fluida
MO.200032 | MO 320 KAR p | My Library | Available |
No other version available