Text
Manajemen mutu pelayanan kesehatan
Daftar Isi:
Bab 1 Pelayanan Kesehatan Sebagai Jasa
Bab 2 Mutu Pelayanan Kesehatan
Bab 3 Manajemen Mutu
Bab 4 Perencanaan Mutu
Bab 5 Analisis Sistem Pengembangan Mutu
Bab 6 Budaya Kerja dan Kepemimpinan
Bab 7 Kepemimpinan dan Pembelajaran Institusi
Bab 8 Best Practice
Book Review:
Tuntutan masyarakat untuk memperoleh pelayanan kesehatan yang bermutu semakin berkembang sejalan dengan semakin meningkatnya tingkat pendidikan dan pendapatan masyarakt. Tuntutan masyarakat ini ditanggapi dengan melakukan reformasi sektor kesehatan. Salah satu langkah strategisnya adalah pengembangan kapasitas institusi (capacity building).
Strategi untuk menghasilkan produk dan jasa pelayanan kesehatan yang bermutu membutuhkan sumber daya manusis yang terampil, mempunyai motivasi tinggi, dan loyal kepada pengembangan mutu institusi. Teknologi kedokteran dan digitalisasi sistem pelayanan kesehatan menjadi driving forces peningkatan mutu pelayanan kesehatan.
Di era desentralisasi kesehatan, salah satu kunci keberhasilan institusi pelayanan kesehatan dalam mengembangkan mutu pelayanannya adalah kepemimpinan yang visioner, inovatif, dan transformatif. Pimpinan harus menjadi motor penggerak (prime mover) pengembangan mutu pelayanan.
Buku ini menyajikan berbagai topik tentang kiat-kiat pengembangan mutu pelayanan kesehatan.
Kriteria mutu pelayanan kesehatan sebagai jasa
Prinsip program pengembangan jaminan pelayanan kesehatan
Konsep dan sejatah perkembagan manajemen mutu
Rencana strategis pengembangan mutu pelayanan
Analisis mutu pelayanan dengan pendekatan sistem dengan standar dan indikator kinerja pengembangan mutu pelayanan
Budaya kerja dan kepemimpinan sebagai motor penggerak (prime mover) peningkatan kinerja dan mutu pelayanan institusi.
Dua contoh kasus best practice sebagai bentuk keberhasilan peningkatan mutu pelayanan kesehatan.
140353 | 362.106 8 MUN m | My Library | Available |
No other version available