Text
Analisis Kerusakan Water Pump yang Mengakibatkan Overheating pada Engine Diesel 2L
Pompa air (water pump) adalah salah satu komponen sistem pendingin dimana sistem pendingin berperan sebagai pengontrol suhu kerja engine dan di gunakan agar temperatur engine terjaga pada temperatur kerja yang ideal, Untuk mensirkulasikan air pada sistem pendingin, agar proses sistem pendinginan merata pada bagian engine atau optimal pendinginannya, maka pompa air (water pump), berperan penting dalam sistem pendingin tersebut. Dimana water pump berfungsi untuk mengalirkan air radiator ke seluruh sistem pendingin engine, Ditemukan gejala gejala pada sistem pendingin engine yaitu, air radiator cepat habis, suara yang tidak biasa pada engine, temperatur engine tidak ideal yang mugkin berakibat fatal pada engine, dari gejala tersebut ditemukan kerusakan pada salah satu komponen sistem pendingin yaitu, pada pompa air (water pump), dimana terjadi keausan pada pump impeller dan keolengan bearing shaft impeller yang berakibat sirkulasi air tidak bekerja dengan baik. Maka di lakukanlah suatu analisis dengan tujuan mengetahuai sebab dan akibat kerusakan water pump, penyebab kerusakan water pump adalah karena pump impeller yang aus oleh terjadinya gesekan dan akibat dari water pump rusak yaitu terjadi sirkulasi air tidak optimal, air pendingin berkurang serta terjadi suhu engine berlebih (overheating).
Kata Kunci: Water Pump, Pump Impeller, Overheating, Engine Diesel 2L
AB.210002 | AB 321 RAM a | My Library | Available |
No other version available