Text
Analisis Tidak Berfungsinya Thermostat pada Daihatsu Zebra 1.3
Kendaraan akan mengalami panas akibat dari pembakaran bahan bakar. Walaupun sebagai efisiensi panas itu di manfaatkan kembali oleh mesin, mesin akan mengalami panas yang tinggi atau yang disebut over heating bila panas mesin tidak di kurangi. Sistem pendingin di rancang untuk menjaga efisiensi panas itu. Kontruksi sistem pendingin di lengkapi oleh water jacket, thermostat, radiator,kipas radiator, pompa air dan komponen- komponen lain pendukungnya.
Suhu mesin biasanya ada sekitar 80 C – 90 C, jika suhu terlalu dingin, pembakaran tidak berlangsung sempurna. Sedangkan jika terlalu tinggi,mesin bisa cepat rusak, yang bertugas untuk menjaga suhu kerja ini adalah thermostat. Thermostat merupakan merupakan komponen dalam mesin yang berfungsi menstabilkan arus air yang berputar. Pada suhu tertentu (panas),komponen ini akan membuka saluran hingga sirkulasi air dalam mesin mengalir ke radiator untuk didinginkan oleh kipas, ekstra fan dan hembusan angin dari arah depan. Jika thermostat di lepas dari mesin perlu waktu lebih lama untuk dapat mencapai temperature kerja mesin yang berada di kisaran 80 hingga 90 C, dan kemampuan pendingin mesin berkurang saat mesin sedang akselerasi atau top speed yang berakibat over heating saat mesin bekerja berat.
Hasil dari analisis kerusakan, maka di temukan kerusakan dan penyebabnya serta dilakukan tindakan. Penyebab kerusakan tersebut berasal dari penggunaan air coolent dan perawatan yang kurang baik. Hal ini menyebabkan umur penggunaan thermostat lebih cepat rusak.
Kata kunci : Sistem pendingin, thermostat
MO.210004 | MO 321 AGU a | My Library | Available |
No other version available