Text
Tinjauan Penerapan Kebijakan Reward dan Punishment Berdasarkan Tingkat Kepatuhan Petugas Tempat Pendaftaran Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Muhammadiyah Palembang
Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan oleh penulis di bagian Tempat Pendaftaran Pasien Rawat Inap pada tanggal 01/21 Maret 2021. Standar Operasional Prosedur (SOP) pelayanan pendaftaran pasien rawat inap SIMRS di RS Muhammadiyah Palembang berlaku sejak tahun 2018. Pengawasan yang dilakukan di bagian pendaftaran rumah sakit (pendaftaran rawat jalan, rawat inap, dan gawat darurat) namun tidak terdokumentasikan. Penelitian ini bertujuan untuk meninjau penerapan kebijakan reward dan punishment berdasarkan tingkat kepatuhan petugas Tempat Pendaftaran Pasien Rawat Inap (TPPRI) di rumah sakit Muhammadiyah Palembang .
Subjek penelitian adalah petugas TPPRI dan Kepala Intalasi Rekam Medis. Objek yang diteliti adalah Standar Operasional Prosedur pendaftaran rawat inap RS Muhammadiyah Palembang.
Hasil dari penelitian ini bahwa Kepala Instalasi Rekam Medis RS Muhammadiyah Palembang telah menerapkan sistem reward dan punishment pada petugas TPPRI. Penerapan reward ini berupa reward ekstrinsik seperti penghargaan bukan uang berupa pujian maupun apresiasi dan menumbuhkan reward intriksik pada karyawan seperti rasa bangga atas penyelesaian kerja, pencapaian target dan otonomi. Sedangkan punishment yang di terapkan berupa hukuman ringan berupa teguran lisan maupun tertulis, hukuman sedang berupa tidak mendapatkan bonus, surat peringatan, sedangkan hukuman berat berupa tidak di perpanjang kontrak dan PHK. Dengan adanya penerapan reward dan punishment tersebut dapat meningkatkan kinerja petugas TPPRI yang juga berpengaruh kepada mutu pelayanan pendaftaran Rawat Inap.
Kata Kunci : Reward, Punishment, Kepatuhan, Kinerja, Rawat Inap
RM.210007 | RM 321 AND t | My Library | Available |
No other version available