Text
Tinjauan Waktu Tunggu Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Guna Menunjang Kualitas Pelayanan Di Rumah Sakit Karisma Cimareme
Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang penulis lakukan melalui pengamatan di Rumah Sakit Karisma Cimareme dengan rata-rata pasien rawat jalan pada bulan Desember sebanyak 500 orang setiap harinya maka di setiap loket pendaftaran yang ada di pasien JKN, pasien Umum, pasien Bpjs Ketenagakerjaan , dan pasien Gakinda terjadi penumpukan pasien sehingga rata-rata pasien menghabiskan waktu sangat lama di antrian pendaftaran pasien rawat jalan.
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui waktu tunggu pelayanan pendaftaran pasien rawat jalan di Rumah Sakit Karisma Cimareme . Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian survei deskriptif dengan pendekatan studi potong silang.
Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata waktu tunggu pendaftaran pasien rawat jalan di Rumah Sakit Karisma Cimareme yaitu di antrian pendaftaran 29 menit 25 detik. Waktu tunggu yang paling cepat ada di pendaftaran pasien umum yaitu 10 menit dan yang paling lama ada di pendaftaran pasien JKN yaitu 47-49 menit. Secara kualitas pelayanan di Rumah Sakit Karisma Cimareme cukup baik, namun masih ada kekurangan di kecepatan pelayanan pendaftaran karena antrian yang panjang yang mengakibatkan penumpukan pasien. Oleh karena itu, disarankan kepada pihak Rumah Sakit Karisma Cimareme untuk mengadakan sistem pendaftaran pasien secara online melalui Whatsapp, serta dibuatkan standar pelayanan minimal mengenai waktu tunggu pendaftaran agar menjadi acuan petugas pendaftaran dalam memberikan pelayanan.
Kata Kunci : Waktu Tunggu, Pendaftaran Pasien Rawat Jalan, Kualitas Pelayanan
RM 210055 | RM 321 RIK t | My Library | Available |
No other version available