Text
Tinjauan Kepuasan Pasien Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) DI Pendaftaran Rawat Jalan Terhadap Mutu Pelayanan Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Rumah Sakit TK II Dustira
Kepuasan pasien merupakan salah satu indikator penting yang harus diperhatikan dalam pelayanan kesehatan. Pelayanan kesehatan yang bermutu yaitu pelayanan kesehatan yang mampu memberikan kepuasan kepada setiap pengguna jasa tersebut. Berdasarkan studi pendahuluan pelaksanaan pelayanan di bagian pendaftaran rawat jalan pada masa pandemi COVID-19 di Rumah Sakit TK II Dustira sudah mengupayakan memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu, namun masih saja mendapat keluhan dari pasien.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara, kuesioner, dan studi kepustakaan. Populasi yang diambil adalah kunjungan pasien pada bulan Januari 2021 sebanyak 14.910 pasien dan sampel berdasarkan rumus slovin kesalahan 10% yaitu berjumlah 100 pasien.
Hasil penelitian menunjukkan tingkat kepuasan pasien JKN di bagian pendaftaran rawat jalan Rumah Sakit TK II Dustira sebesar 66.18%, dengan kualifikasi sudah cukup baik terhadap pelayanan yang diberikan namun masih belum optimal. Dalam hal ini diketahui bahwa hasil terendah ada pada dimensi Emphaty yaitu pada waktu tunggu pasien dan kesabaran petugas dalam menghadapi pasien. Saran yang diberikan sebaiknya petugas lebih memperhatikan lagi waktu tunggu pasien yang datang berobat juga lebih sabar dalam menghadapi pasien.
Kata Kunci: Kepuasan pasien, JKN, Pelayanan, Pendaftaran, COVID-19
RM 210053 | RM 321 MAH t | My Library | Available |
No other version available