Text
Tinjauan Waktu Tunggu Pendaftaran Pasien BPJS Di Bagian Rawat Jalan Guna Menunjang Kualitas Pelayanan Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Rumah Sakit Umum Pindad Bandung
Waktu tunggu adalah waktu dimana pasien mulai dari mengambil antrian sampai pasien di periksa oleh dokter. Berdasarkan studi pendahuluan di Rumah Sakit Umum Pindad Bandung diketahui bahwa waktu tunggu pasien tidak sesuai dengan standar pelayanan minimal menurut Kepmenkes No. 129 Tahun 2008.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui waktu tunggu pendaftaran pasien BPJS pada masa pandemi covid-19 di Rumah Sakit Umum Pindad Bandung.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpuan data yaitu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Populasi yaitu sebanyak 5156 pasien dan sampel berdasarkan rumus slovin kesalahan 10% yaitu berjumlah 98 pasien. Instrumen penelitian menggunakan stopwatch, alat tulis, kalkulator, dan tabel bantu.
Rata-Rata waktu tunggu pasien ≤ 60 Menit sebanyak 21 Pasien dengan persentase 21.42%, dan ≥ 60 Menit sebanyak 77 Pasien dengan persentase 78.57%. Maka disarankan sebaiknya diadakan evaluasi dan dibuat di papan tulis tentang standar pelayanan lamanya waktu tunggu.
Kata kunci: waktu tunggu, proses rawat jalan, kualitas pelayanan
Daftar pustaka : 21, 2006-2020
RM 210028 | RM 321DWI t | My Library | Available |
No other version available