Text
Media Pembelajaran Berbasis Game Mata Pelajaran IPA Topik Bahasan Pengenalan Hewan Invertebrata (Studi Kasus SDN Cigagade 1 Balubur Limbangan Kab.Garut)
Pembelajaran konvensional menggunakan buku ajar yang dijelaskan dikelas menggunakan papan tulis berpengaruh kepada tingkat minat dan tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang di ajarkan guru. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat media alternatif berbasis game berbasis mobile mata pelajaran IPA topik bahasan hewan invertebrata untuk siswa Sekolah Dasar kelas 5 yang diuji pada studi kasus di SDN Cigagade 1 Balubur Limbangan Kabupaten Garut. Metodologi yang digunakan adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari 6 (Enam) tahapan mencakup pengonsepan, perancangan, pengumpulan materi, pembuatan, pengujian dan pendistribusian. Aplikasi mencakup materi berupa Video pembelajaran, dan game yang dibagi menjadi 2 stage pada stage 1 berupa game drag and drop dan sebelum nya video pembelajaran, stage 2 berupa game petualangan di dalam nya berisi soal pilihan ganda. Teknik pengujian menggunakan test User Acceptance Test (UAT) dengan kuisioner, hasil uji menunjukkan aplikasi mendapat nilai rata-rata 4,4 atau 88% yang berarti aplikasi dapat diterima oleh user dengan nilai bagus/sesuai/jelas.
Kata kunci: Construct 2, Android , Media Interaktif, Invertebrata, Game
TI 210002 | TI 421 SIP m | My Library | Available |
No other version available