Text
Desain Alternatif Struktur atas Jembatan Pembangunan Jalan Bebas Hambatan Cisumdawu STA.0+630.300 - STA.0+692.200 Menggunakan Software Bridge Designer 2016
Indonesia merupakan salah satu negara dengan luas wilayah yang cukup besar dan memiliki jumlah penduduk yang sangat besar di dunia. Kebutuhan akan infrastruktur untuk transportasi adalah salah satu kebutuhan utama yang harus disediakan oleh pemerintah. Salah satu pembangunan transportasi berskala nasional yaitu pembangunan Jalan Bebas Hambatan Cileunyi – Sumedang – Dawuan menjadi solusi alat transportasi umum bagi negara kita yang sedang berkembang ini. Panjang lintasan Jalan Bebas Hambatan ini, sepangjang 60,47 kilometer melewati perbukitan dan perkebunan di sepanjang lintasan, Karen itu jembatan menjadi salah satu pilihan dalam pembangunan ini terutama di Fase Tiga.
Dalam tugas akhir ini, jembatan Steel Box Girder akan di dipilihkan Desain Aternatif dengan menambahkan Struktus Atas menggunakan rangka baja guna mengetahui kekuatan jembatan di sepanjang titik pekerjaan (Sta.0+630.300 – Sta.0+692.200) dan diakhiri dengan pengujian berbentuk animasi.
Metode yang digunakan pada tugas akhir ini adalah metode analisis yaitu penelitian perkembangan dan perencanaan. Dari hasil analisa data dan desain ulang jembatan menghasilkan 2 tipe jembatan yang memiliki kekuatan. Maka pengujian kekuatan bebentuk animasi Software Bridge Designer 2016. (1). Berdasarkan hasil animasi, desain alternatif jembatan yang pertama mengunakan jenis tipe jembatan pelengkung dengan jenis baja yang diperoleh untuk gelagar memanjang = CS Bar 500x500 dan gelagar melintang = CS Bar 500x500 untuk rangka batang atas = CS Bar 300x30, rangka batang vertikal = CS Bar 140x14 dan rangka batang diagonal = CS Bar 140x140. (2). Berdasarkan hasil animasi, desain alternatif jembatan yang kedua mengunkan tipe jembtan kerangka dengan jenis baja yang diperoleh untuk untuk gelagar memanjang = CS Bar 500x500 dan gelagar melintang = CS Bar 500x500 untuk rangka batang atas = CS Bar 300x300, rangka batang vertikal = CS Bar 260x260 dan rangka batang diagonal = CS Bar 260x260. Dengan demikian maka dinyatakan terdapat perbedaan yang diantara kedua alternatif desain jembatan dan memiliki pengaruh pada proses pembiayaan yang akan dikeluarkan sebesar Rp. 19.423.893.000,00
Kata kunci : Jembatan, Jenis Baja, Software Bridge Designer 2016, Uji Animasi.
KB 210003 | KB 421 MUH d | My Library | Available |
No other version available