Text
Tinjauan Koreksi Klaim Pasien JKN Rawat Inap Guna Menunjang Kualitas Pengklaiman Di Rumah Sakit Bhayangkara TK. II Sartika Asih Bandung
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis di Rumah Sakit Bhayangkara TK. II Sartika Asih Bandung pada tanggal 25 Januari - 8 Februari tahun 2021 terdapat permasalahan yang ada di pengklaiman, salah satunya adalah penerimaan koreksi klaim dari pihak JKN ke rumah sakit bhayangkara Tk.II sartika asih bandung. Penerimaan koreksi klaim selama tahun 2020 sebanyak 801 berkas koreksi klaim dengan rata-rata 10%. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui koreksi klaim JKN rawat inap guna menunjang kualitas pengklaiman di rumah sakit bhayangkara Tk.II sartika asih bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah koreksi klaim pasien JKN rawat inap pada tahun 2020, dengan pengambilan sampel sebanyak 266 berkas. Hasil penelitian penulis, prosedur penanganan koreksi klaim JKN rawat inap belum terdapat SOP walaupun belum terdapat SOP penanganan koreksi klaim pasien JKN rawat inap tetap dilaksanakan dengan baik. Gambaran koreksi klaim JKN rawat inap di rumah sakit bhayangkara Tk.II sartika asih bandung dari 266 sampel yang diteliti, koreksi klaim JKN memiliki rata-rata 10%. Kesimpulan dan saran penulis yaitu prosedur penanganan koreksi klaim belum terdapat SOP sebaiknya dibuatkan SOP mengenai penanganan koreksi klaim JKN rawat inap dan dilakukan rapat rutin atau melakukan diskusi dan rapat koordinasi antara semua petugas, JKN dan verifikator internal (Dokter) untuk menyamakan persepsi.
Kata Kunci: Koreksi, Klaim, JKN, Kualitas, Pengklaiman
RM 210013 | RM 321 NIN t | My Library | Available |
No other version available