Text
Aplikasi Pembelajaran Dasar Kefarmasian Berbasis Mobile (Studi Kasus: SMK Bhakti Kencana CImahi)
Pembelajaran selama pandemi Covid-19 yang masih konvensional mengunakan buku ajar serta kestabilan jaringan internet berpengaruh pada tingkat pemahaman siswa/siswi terhadap materi yang diajarkan guru. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat media pembelajaran alternatif berbasis mobile mengenai mata pelajaran kejuruan untuk jurusan farmasi topik pembahasan dasar kefarmasian untuk siswa/siswi tingkat X (sepuluh) yang diuji pada studi kasus di SMK Bhakti Kencana Cimahi. Metodologi menggunakan Extreme Programming (XP) yang terdiri dari 4 (empat) tahapan mencakup perancangan, mendesain, koding dan pengujian. Aplikasi mencakup beberapa materi diantaranya materi bahasa latin, materi golongan obat, materi sediaan obat dan materi tanaman obat terdapat kuis untuk evaluasi siswa/siswi pada materi golongan obat, materi sediaan obat dan materi tanaman obat. Teknik pengujian menggunakan User Acceptance Test (UAT) dengan menggunakan kuisioner, memperoleh hasil dengan nilai rata-rata aplikasi mencapai 76% dan persentase tingkat pemahaman terhadap materi rata-rata 80% yang berarti aplikasi ini dapat diterima oleh siswa/siswi.
Kata Kunci: Android, Exreme Programming, Media Pembelajaran, Dasar Kefarmasian, SMK Farmasi
TI 210035 | TI 421 SAN a | My Library | Available |
No other version available