Text
Tinjauan Kepuasan Perawat Bagian Poliklinik Terhadap Pelayanan Rekam Medis Rawat Jalan Di Rumah Sakit Cibabat Tahun 2021
Berkas rekam medis dituntut tersedia tepat waktu untuk digunakan oleh dokter dan perawat. Berdasarkan observasi, petugas rekam medis dalam memberikan pelayanan rekam medis rawat jalan dinilai belum maksimal, dan terdapat beberapa masalah, seperti proses pelayanan yang lama sehingga mengalami keterlambatan penyediaan rekam medis ke poliklinik. Mengetahui pelayanan rekam medis rawat jalan dalam menyiapkan berkas, mengetahui tingkat kepuasan perawat, mengetahui upaya yang dilakukan oleh rekam medis rawat jalan. Kuantitatif deskriptif dengan pendekatan cross sectional, populasi pada penelitian ini adalah perawat bagian poliklinik, sampel penelitian ini seluruh perawat bagian poliklinik yaitu 35 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Tingkat kepuasan perawat poliklinik terhadap pelayanan berkas rekam medis rawat jalan adalah 68%, dapat diartikan puas dengan indikator tertinggi yaitu petugas rekam medis berpenampilan rapi sesuai prosedur rumah sakit. Atribut yang perlu diperbaiki terkait pelayanan rekam medis rawat jalan adalah kecepatan waktu, kecepatan dan ketepatan dalam memberikan pelayanan. Rata-rata perawat merasa tidak puas karena kecepatan dan ketepatan dalam memberikan pelayanan masih belum maksimal sehingga membutuhkan waktu tunggu yang lama untuk memberikan pelayanan kepada pasien yang sudah menunggu di poliklinik rawat jalan. Atribut yang perlu diperbaiki terkait pelayanan rekam medis rawat jalan adalah kecepatan waktu distribusi, kecepatan dan ketepatan dalam memberikan pelayanan.
Kata Kunci: Kepuasan Perawat, Pendistribusian, Pelayanan Rekam Medis
RM 210059 | RM 321 NAD t | My Library | Available |
No other version available