Text
Aplikasi Pembelajaran Ilmu Tajwid Berbasis Mobile (Studi Kasus: Sekolah Dasar Budiluhur)
Pencapaian kompetensi dasar tanpa didukung alat bantu pembelajaran dapat mempengaruhi tingkat ketercapaian dan efektivitas pada proses pembelajaran. Pembelajaran dengan metode konvensional berdampak kepada kualitas dan kompetensi seorang guru dan keterampilan dari siswa/i. Media pembelajaran sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan efektivitas, memadatkan informasi dan isi pelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat aplikasi pembelejaran ilmu tajwid pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis mobile studi kasus di Sekolah Dasar Budiluhur Cimahi. Metodologi yang digunakan adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari 6 (enam) tahap (concept, design, material collecting, assembly, testing dan distribution). Aplikasi pembelajaran ilmu tajwid dirancang berdasarkan kebutuhan pengguna yang diperoleh dari hasil observasi dan diimplementasikan menggunakan Construct 2. Pengujian menggunakan metode black box testing menunjukkan aplikasi telah berjalan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Hasil uji User Acceptance Testing (UAT) dilakukan terhadap 13 responden menunjukkan nilai rata-rata hasil uji untuk ketiga kategori (desain, fitur dan kepuasan pengguna) dengan 10 parameter uji yaitu 4,31 (86,20%).
Kata kunci: Aplikasi Pembelajaran Ilmu Tajwid, Construct 2, Multimedia Development Life Cycle (MDLC), Black Box Testing, User Acceptance Testing (UAT)
TI 210048 | TI 421 ICH a | My Library | Available |
No other version available