Text
Analisis Koreksi Klaim Rawat Jalan Guna Menunjang Kualitas Pengklaiman Di RSAU Lanud Sulaiman
Berdasarkan studi pendahuluan yang penulis lakukan di RSAU Lanud Sulaiman terdapat masalah pengklaiman yaitu penerimaan koreksi klaim rawat jalan dari verifikator BPJS ke RSAU Lanud Sulaiman. Penerimaan koreksi klaim rawat jalan selama bulan September-November 2021 sebanyak 58 berkas koreksi klaim. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis koreksi klaim rawat jalan guna menunjang kualitas pengklaiman di RSAU Lanud Sulaiman. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, interview dan studi dokumentasi. Instrumen penelitian yaitu lembar checklis, alat tulis, pdoman wawancara dan alat perekam. Populasi dalam penelitian ini adalah koreksi klaim rawat jalan pada September-November 2021 sebanya 58 berkas dengan teknik pengambilan sampel yaitu nonprobability sampling khususnya sampling jenuh. Hasil penelitian penulis di RSAU Lanud Sulaiman masih belum tersedia secara tertulis Standar Operasional Prosedur (SOP) dan alur penanganan koreksi klaim rawat jalan. Kemudian dari 58 berkas sampel yang diteliti terdapat 6 kriteria koreksi klaim dimana kriteria koreksi klaim tertinggi yaitu berdasarkan kode ICD 10 sebanyak 22 berkas (37,93%) dengan penyebab koreksi yaitu penambahan kode rujuk Z75.1 untuk pasien yang di rujuk. Saran penulis sebaiknya dibuatkan Standar Operasional Prosedur (SOP) dan alur penanganan koreksi klaim rawat jalan RSAU Lanud Sulaiman secara tertulis sebagai pedoman penangananan koreksi klaim, melakukan sosialisasi dan rapat koordinasi secara rutin antara semua petugas terkait pengklaiman serta diterapkannya sistem double check sebelum tutup klaim.
Kata Kunci: Koreksi, Klaim, Rawat Jalan, Kualitas
RM 220007 | RM 322 MAS a | My Library | Available |
No other version available