Text
Tinjauan Lama Waktu Tunggu Pasien Guna Menunjang Kepuasan Pelayanan Pasien Rawat Jalan Di RSAU dr. M. Salamun Bandung
Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang penulis lakukan melalui pengamatan di RSAU dr. M. Salamaun Bandung dengan 50 sampel kunjungan pasien rawat jalan, 23 (46%) pelayanan pasien rawat jalan < 60 menit sesuai dengan standar yang berlaku dalam pelayanan minimal rumah sakit, sedangkan 27 (54%) pelayanan pasien rawat jalan > 60 menit tidak sesaui dengan standar yang berlaku dalam pelayanan minimal rumah sakit. Waktu tunggu pelayanan pasien rawat jalan yang terlalu lama tentu saja akan berdampak pada puas atau tidaknya pasien terhadap pelayanan yang diberikan oleh petugas dan semakin lama waktu tunggu pasien untuk menerima pelayanan pasien. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian yang didapatkan dalam lama waktu tunggu pelayanan pasien rawat jalan di RSAU dr. M. Salamun Bandung dengan rata-rata lama waktu tunggu untuk pasien rawat jalan dari mulai pendaftaran samapi diperiksa dokter yaitu 87 menit untuk setiap pasiennya. Secara kepuasan pelayanan pasien rawat jalan di RSAU dr. M. Salamun Bandung cukup puas, namun masih ada kekurangan dalam pelayanan petugas rekam medis khususnya bagian pendistribusian yang menyebabkan terlambatnya berkas rekam medis datang ke poli. Upaya yang dilakukan untuk kurangnya petugas pelayanan rawat jalan yaitu dibutuhkan petugas khususnya bagian penyimpanan agar tidak ada keterlambatan lagi untuk berkas rekam medis datang ke poli, serta dibuatkan standar pelayanan minimal rumah sakit mengenai waktu tunggu pelayanan pasien rawat jalan agar menjadi acuan petugas rekam medis dalam memberikan pelayanan.
Kata Kunci: Waktu Tunggu, Pelayanan Rawat Jalan, Kepuasan Pasien
RM 220003 | RM 322 NUR t | My Library | Available |
No other version available