Text
Analisis Koreksi Pengajuan Klaim Rawat Inap Terhadap Kelancaran Pembayaran Klaim BPJS Kesehatan Di RS Bhayangkara TK II Sartika Asih
Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan oleh penulis di RS Bhayangkara TK II Sartika Asih pada bulan maret 2022, ditemukan permasalahan yang berhubungan dengan pengkoreksian dokumen klaim rawat inap diantaranya dalam sehari terdapat 18 dokumen pasien rawat inap namun didapatkan 4 (22%) dokumen pasien yang perlu di koreksi kembali oleh petugas, dan terdapat 14 (78%) sokumen yang sudah lengkap. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis koreksi pengajuan klaim rawat inap terhadap kelancaran pembayaran klain BPJS kesehatan di RS Bhayangkara TK II Sartika Asih. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitaif. Teknik poengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah dokumen klaim BPJS kesehatan pada bulan Oktober 2021sampai dengan Januari 2022, dengan pengambilan sampel sebanyak 366. Menurut hasil penelitian yang dilakukan penulis, penanganan koreksi di rumah sakit ada 2 pertama secara administrasi yang kedua adalah persyaratan, SPO tentang alur pelaksanaan klaim di rumah sakit belum tersedia secara tertulis. Data berkas klaim BPJS kesehatan di rumah sakit Sartika Asih dari 366 sampel, koreksi klaim BPJS kesehatan memiliki rata-rata 20%. Kesimpulan dan saran penulis yaitu alur prosedur penanganan klaim BPJS kesehatan belum tersedia sebaiknya dibuatkan alur secara tertulis, masih banyak berkas klaim yang perlu di koreksi oleh rumah sakit sehingga sebaiknya petugas melakukan rapat internal maupun eksternal agar dapat terselesaikan dengan tepat dan lengkap sehingga proses klaim menjadi lancar.
Kata Kunci: Koreksi, Klaim, Lengkap, Lancar
RM 220031 | RM 322 SYI a | My Library | Available |
No other version available