Text
Analisis Kerusakan Dan Perbaikan Injection Pump Tipe Inline Pada Mitsubishi Fuso 220 PS
Pompa injeksi (injection pump) dan nozzle (alat pengabut) untuk menyemprotkan bahan bakar yang diperlukan dalam sistem motor diesel guna untuk melakukan pembakaran. Bahan bakar ini berupa minyak ringan yang memungkinkan dapat terbakar dengan sendirinya (self ignition). Pada injection pump tipe inline, setiap silinder menggunakan satu buah pompa injeksi untuk melakukan penyemprotan bahan bakar. Cara kerja Injection Pump: bahan bakar dari fuel tank masuk ke fuel filter, feed pump, masuk ke injection pump diteruskan ke nozzle dan masuk ke ruang silinder, selanjutnya bahan bakar yang tidak sempat disemprotkan akan dikembalikan ke fuel tank. Tujuan dari analisa ini adalah mengidentifikasi perbedaan, kerusakan yang terjadi dan bagaimana cara mengatasinya serta cara melakukan perawatan. Kerusakan yang sering terjadi plunger yang tergores, biasanya diakibatkan oleh adanya pemakaian bahan bakar yang terkontaminasi dengan bahan lain, dan dapat juga diakibatkan oleh kotoran yang mengendap pada fuel tank yang terbawa oleh bahan bakar saat bahan bakar dipompakan dimana fuel filter tidak bekerja dengan semestinya. Lubang kedudukan tappet tersumbat karena adanya kotoran menempel pada saat tappet naik turun menekan plunger.
Kata Kunci: Injection Pump Tipe Inline
AB 220047 | AB 322 YOG a | My Library | Available |
No other version available