Image of Medan elektromagnetika

Text

Medan elektromagnetika



Daftar isi:

Bab 1 Analisis vektor
Bab 2 Dasar elektrostatika
Bab 3 Fluks listrik dan hukum gauss
Bab 4 Potensila listrik
Bab 5 Material dielektrika, kapasitansi, dan energi listrik
Bab 6 Aplikasi elektrostatika
Bab 7 Arus listrik
Bab 8 Dasar magnetostatika
Bab 9 Material magnetika dan rangkaian magnetis
Bab 10 Gaya-gaya magnetis
Bab 11 Medan berubah terhadap waktu
Bab 12 Induksi dan energi magnetis
Bab 13 Aplikasi medan elektromagnetis statis dan frekuensi rendah
Bab 14 Dasar perambatan gelombang elektromagnet
Bab 15 Refleksi dan transmisi gelombang elektromagnet

BOOK REVIEW:


Energi dan informasi adalah dua masalah penting dalam kehidupan modern saat ini. Kedua adalah produk dari teknik elektro yang memanfaatkan sifat dan perilaku dari muatan-muatan listrik. Model dan prinsip dari rekayasa kelistrikan ini akan dibahas di buku ini.

Jauh sebelum abad pertengahan, efek dan fenomena kelistrikan telah dikenal masyarakat secara luas, baik dalam bentuk elektrostatika, tarik menarik atau tolak menolak akibat gesekan dua benda ataupun dalam bentuk magnetostatika, magne itu sendiri. Para peneliti seperti coulomb, oerstedt, Ampere, biotsavart, faraday, dan lainnya telah berhasil merumuskan suatu formulasi tertentu yang bisa digunakan untuk melakukan perhitungan dan evaluasi terhadap besaran karakteristik dari medan listrik dan magnet sehingga bisa diamnfaatkan untuk suatu keperluan yang lebih akurat.

Sekumpulan fakta dan formulasi rumus yang bersebaran dan memiliki bnetuk yang tidak terstandarisasi kemudian diolah oleh Maxwell menjadi empat buah persamaan yang sangat indah memiliki tingkat simetri yang tinggi. Persamaan yang sangat indah dan memiliki tingkat simetri yang tinggi. Persamaan ini dikenal dengan nama persamaan Maxwell.Eistein oun berkata bahwa hasil kerja Maxwell ini telah merubah perjalanan dunia. Salah satu hal penting yang dilakukan Maxwell adalah diperkenalkannya arus pergeseran yang dengannya sekaligus Maxwell memprediksikan adanya gelomabang elektromagnetik yang bisa merambat di udara bebas. Dua puluh lima tahun kemudian Hertz berhasil membuktikan keberadaan elektromagmetik.

Hasil kerja para ilmuwan selama lebih kuarang 300 tahun bisa kita nikmati dengan berbagai alat dan sistim yang ada saat ini, seperti baterei, lampu, kompor listrik, seterika, transformator, motor listrik, TV, layar touch screen, telefon seluler, magnetik levitation (maglev), dan masih banyak lagi yang belum disebut. Kita perlu menyadari bahwa perkembangan teknologi ini tidak akan pernah berhenti dan harus memiliki visi dan berkreasi.


Availability

210098530.141 MUD mMy LibraryAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
530.141 MUD m
Publisher Andi : yogyakarta.,
Collation
xii, 276 hlm.; 23 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
978-979-29-2359-9
Classification
530.141
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this