Text
Media Pembelajaran Interaktif Teknik Dasar Bola Besar Menggunakan Augmented Reality Berbasis Mobile (Studi Kasus SMP Yadika Cicalengka)
Secara umum pembelajaran merupakan proses komunikasi dengan melibatkan tiga komponen yaitu pengirim pesan (guru), komponen penerima pesan (siswa), dan komponen siswa sistem pembelajaran permainan bola besar yang diberikan kepada siswa kelas 7 SMP. Akan tetapi, salah satu kendala minimnya fasilitas siswa berdampak pada pencapaian kompetensi siswa dalam segi olahraga dari permainan bola besar dikarenakan di Yadika memiliki 3 instansi yakni SMK, SMA dan SMP di satu Yayasan. Berdasarkan latar belakang diatas penulis mencoba membuat aplikasi Media Pembelajaran Interaktif Teknik Dasar Bola Besar menggunakan Augmented Reality berbasis Android untuk mempermudah siswa agar belajar dengan materi yang terdapat pada aplikasi. Aplikasi pembelajaran interaktif dirancang dengan metodologi Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari konsep, desain, pengumpulan materi, pembuatan, pengujian dan distribusi. Aplikasi pembelajaran ini menampilkan animasi 3D objek, suara deskripsi dan kuis sehingga siswa dapat menjadikannya media pembelajaran disekolah maupun dirumah. Pengujian yang dilakukan menggunakan blackbox testing dan User Acceptance Test (UAT) dengan jumlah 16 responden mendapat hasil persentase 86,3%. Dengan hasil yang didapat dalam pengujian ini disimpulkan bahwa aplikasi media pembelajaran ini dapat dipakai oleh guru dan siswa untuk meningkatkan pengetahuan tentang bola besar khususnya teknik dasar dari bola besar.
Kata Kunci: Media Pembelajaran Interaktif, MDLC, Blackbox, UAT, Augmented Reality
TI 220088 | TI 422 KRI m | My Library | Available |
No other version available