Text
Media Pembelajaran Pengenalan Negara-Negara Maju Di Asia Timur Mata Pelajaran IPS (Studi Kasus: SDN Cibabat 5 Cimahi)
Pencapaian kompetensi dasar tanpa didukung alat bantu pembelajaran dapat memepengaruhi tingkat ketercapaian dan efektivitas pada proses pembelajaran. Pembelajaran dengan metode konvensional berdampak kepada kualitas dan kompetensi seorang guru dan keterampilan dari siswa/siswi. Media pembelajaran sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan efektivitas, memadatkan informasi dan isi pelajaran. Tujuan dari penelitian ini adlaah membuat aplikasi media pembelajaran negara maju di Asia Timur pada mata pelajaran Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial berbasis mobile studi kasus di Sekolah Dasar Negri 5 Cibabat Cimahi. Metodologi yang digunakan adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari 6 (Enam) tahap ( concept, design, material collecting, assembly, testing dan distribution). Aplikasi pembelajaran pengenalan negara-negara maju di Asia Timur dirancang berdasarkan kebutuhan pengguna yang diperoleh dari hasil observasi dan diimplementasikan menggunakan Construct 2. Pengujian menggunakan metode Black box testing menunjukkan aplikasi telah berjalan sesuai dengan kebutuhan pengguna. HAsil uji User Accepted Testing (UAT) dilakukan terhadap 16 responden menunjukkan nilai rata-rata hasil uji untuk ketiga kategori (desain, fitur dan kepuasan pengguna) dengan 10 parameter uji yaitu 4,31 (86,20%).
Kata Kunci: Aplikasi Pembelajaran Pengenalan Negara-Negara Maju di Asia Timur, Construct 2, Multimedia Development Life Cycle (MDLC), Black Box Testing, User Accepted Testing (UAT)
TI 220097 | TI 422 MUH m | My Library | Available |
No other version available