Text
Tinjauan Faktor-Faktor Penyebab Terjadinya Pending Klaim Berkas BPJS Kesehatan Rawat Inap Dan Rawat Jalan Guna Menunjang Kualitas Pelayanan Di Rumah Sakit Angkatan Udara (RSAU) Dr. Norman T. Lubis Kabupaten Bandung
Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan oleh penulis di RSAU dr. Norman T. Lubis Kabupaten Bandung ditemukan permasalahan yang berkaitan dengan klaim, yaitu terjadinya pending atau tertundanya klaim dari pihak BPJS kepada pihak rumah sakit. Pada bukan Oktober terdapat pending klaim sebanyak 42 dari 966 berkas sehingga terjadi penundaan pembayaran. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui Faktor-Faktor Penyebab Terjadinya Pending Klaim Berkas BPJS Kesehatan Rawat Inap Dan Rawat Jalan Guna Menunjang Kualitas Pelayanan Di Rumah Sakit Angkatan Udara (RSAU) Dr. Norman T. Lubis Kabupaten Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, studi kepustakaan dan dokumentasi. Subjek pada penelitian ini adalah para petugas unit klaim BPJS di RSAU dr. Norman T. Lubis Kabupaten Bandung, dengan objek proses pengklaiman BPJS dan jawaban pending klaim BPJS di RSAU dr. Norman T. Lubis Kabupaten Bandung. Hasil penelitian penulis, belum terdapatnya SOP secara tertulis mengenai pelaksanaan klaim di rumah sakit. Terjadinya pending klaim akan mempengaruhi kelancaran kesesuaian jumlah pembayaran. Penyebab terjadinya pending dikarenakan faktor coding, kesalahan petugas, tidak adanya lampiran penunjang, konfirmasi kontrol ke poliklinik. Kesimpulan dan saran penulis yaitu belum terdapat SOP secara tertulis mengenai pelaksanaan pengklaiman sebaiknya dibuatkan prosedur pelaksanaan klaim secara tertulis. Pending klaim terjadi karena ketidaklengkapan syarat klaim sehingga dapat menghambat kualitas dan kelancaran jumlah pembayaran klaim yang diajukan sebaiknya melakukan sosialisasi dan rapat rutin kepada seluruh pihak terkait mengenai prosedur pengklaiman dan penyelesaian pengklaiman.
Kata Kunci: Pending, Klaim, BPJS, Kualitas Pelayanan, SOP
RM 230002 | RM 323 ZAH t | My Library | Available |
No other version available