Text
Tinjauan Tingkat Kepuasan Pasien Asuransi Jasa Raharja Di Bagian Pelayanan Pendaftaran Rawat Jalan RSUD Oto Iskandar Dinata Soreang
Kepuasan pasien merupakan salah satu tujuan dari peningkatan mutu pelayanan kesehatan, dapat dibuktikan bahwa pasien atau masyarakat yang mengalami kepuasan terhadap layanan kesehatan yang diselenggarakan cenderung mamatuhi nasehat, setia atau taat terhadap rencana pengobatan yang telah disepakati. Berdasarkan studi pendahuluan pelayanan dibagian pendaftaran rawat jalan RSUD Oto Iskandar DInata Soreang sudah mengupayakan memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu, namun masih saja mendapat keluhan dari pasien. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, kuesioner, dokumentasi dan studi kepustakaan. Populasi yang diambil adalah kunjungan pasien pada bulan Desember 2022 - Mei 2023 sebanyak 26 pasien dan sampel berdasarkan rumus totality sampling berjumlah 26 pasien. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kepuasan pasien asuransi jasa raharja di bagian pendaftaran rawat jalan RSUD Oto Iskandar DInata Soreang diperoleh nilai rata-rata keseluruhan dimensi kepuasan sebesar 66,68% dengan kualifikasi "puas". Dalam hal ini diketahui bahwa hasil terendah pada dimensi Assurance dengan presentase 61,92%, dari hasil dimensi terendah dapat disimpulkan bahwa ada beberapa pasien yang kurang mnegerti saat petugas menyampaikan informasi saat mendaftar. Saran yang diberikan sebaiknya petugas lebih sabar lahgi dalam menghadapi pasien dan memperhatikan pasien saat menjelaskan terkait informasi.
Kata Kunci: Kepuasan Pasien Asuransi Jasa Raharja, Pelayanan, Pendaftaran
RM 230011 | RM 323 FAN t | My Library | Available |
No other version available