Text
Tinjauan Alur Prosedur Pelayanan Pasien Rawat Jalan Peserta BPJS Guna Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan Di RSUD Bandung Kiwari
Peningkatan pasien BPJS di RSUD Bandung Kiwari menjadi hal yang perlu diperhatikan dalam pelayanannya, faktor yang menjadi penghambat yaitu pegawai yang masih belum bisa membenarkan sistem komputer yang error, petugas masih mengandalkan pegawai IT untuk membenarkannya, sehingga proses pelayanan pendaftaran menjadi terhambat dan terlambat dikarenakan menunggu tim IT yang berbeda lantai, selain itu masih ada pegawai yang kurang dalam penyampaian informasi terhadap pasien. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana alur prosedur pelayanan pendaftaran pasien rawat jalan pengguna BPJS guna meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di RSUD Bandung Kiwari. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan subjek yaitu petugas pendaftaran dan objke yaitu alur pendaftaran BPJS. Teknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan alat tulis, stop watch dan pedoman wawancara. Berdasarkan SPO Rumah Sakit pendaftaran rawat jalan peserta BPJS, dijelaskan bahwa pegawai harus menyapa, namun pegawai masih biasa saja untuk menerima pasien, dan petugas masih belum cukup handal dalam membenarkan sistem komputer error, selain itu rumah sakit kurang dalam menyampaikan informasi untuk pasien sehingga masih ada pasien kekurangan informasi untuk pendaftaran BPJS yang harus daftar dengan syarat yang telah ditentukan. Penulis menyarankan Rumah Sakit menyediakan sarana yang dapat dilihat [asien baru mengenai syarat untuk mendaftar menggunakan BPJS dan memberikan motivasi kepada pegawai mengenai empati terhadap pasien.
Kata Kunci: Alur Pendaftaran, Rawat Jalan, Pasien BPJS, Kualitas Pelayanan
RM 230013 | RM 323 WID t | My Library | Available |
No other version available