Text
Evaluasi Pending Klaim BPJS Guna Meningkatkan Optimalisasi Klaim JKN Di Rumah Sakit Bhayangkara TK. II Sartika Asih Bandung
Klaim BPJS Kesehatan adalah pengajuan biaya perawatan pasien peserta BPJS Kesehatan yang dilakukan secara kolektif dan ditagihkan kepada pihak BPJS setiap bulannya. Setelah itu BPJS Kesehatan akan melakukan persetujuan Klaim dan melakukan pembayaran untuk berkas yang layak, untuk berkas yang tidak layak Klaim atau Pending harus dikembalikan. Berdasarkan hasil studi pendahuluan di Rumah Sakit Bhayangkara TK. II Sartika Asih Bandung ditemukan berkas yang Pending sebesar 15% atau sebanyak 408 kasus Pending Klaim pada rawat inap. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran Pending Klaim BPJS Kesehatan guna meningkatkan optimalisasi Klaim JKN di Rumah Sakit Bhayangkara TK. II Sartika Asih Bandung.
Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode survei analitik, yaitu survei penelitian yang mencoba menggali bagaimana dan mengapa fenomena kesehatan itu terjadi. Kemudian melakukan evaluasi dinamika korelasi antara fenomena. Populasi yang diambil selama 6 bulan. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi dan studi dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan belum adanya Standar Prosedur Operasional terhadap penyelesaian Pending Klaim, sehingga berdampak terhadap masih tingginya berkas Pending Klaim yang harus dikembalikan ke ruangan/DPJP untuk dilengkapi atau diperbaiki sesuai dengan peraturan JKN. Adapun jumlah Pending Klaim dalam aspek administrasi sebanyak 22%, aspek medis sebanyak 28%, dan aspek koding sebanyak 49% dalam periode Januari s.d Maret 2023. Oleh karena itu, penulis menyarankan untuk dilakukan sosialisasi ke unit terkait, dan segera dibuat Standar Prosedur Operasional tentang penyelesaian Pending agar dapat mengoptimalkan Klaim JKN di Rumah Sakit Bhayangkara TK. II Sartika Asih Bandung.
Kata Kunci: Pending Klaim, BPJS, JKN, Optimalisasi.
RM 230025 | RM 323 NAZ e | My Library | Available |
No other version available