Text
Analisis Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kinerja Akademik Menggunakan Algoritma Naïve Bayes (Studi Kasus Politeknik TEDC Bandung)
Kepuasan layanan terhadap mahasiswa adalah suatu kondisi dimana harapan, permintaan, dan keperluan mahasiswa terpenuhi. Hal ini dapat meningkatkan kepercayaan mahasiswa, karena dapat memberi dampak positif berupa meningkatkan pujian positif untuk layanan yang diberikan. Politeknik TEDC Bandung memiliki sebuah lembaga penilaian kinerja akademik yang biasa disebut dengan Unit Penjaminan Mutu (UPM). Pada saat akhir semester mahasiswa diberikan kesempatan untuk menilai dan memberikan kritik ataupun saran terhadap kegiatan perkuliahan. Data-data yang didapat dari hasil kuesioner menunjukkan apakah mahasiswa merasa puas atau tidak terhadap kinerja akademik Politeknik TEDC Bandung. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik Data Mining untuk mendapatkan prediksi kepuasan mahasiswa terhadap kinerja akademik Tujuan penelitian ini untuk mengklasifikasi kepuasan mahasiswa dengan menerapkan teknik data mining bermetode algoritma naïve bayes. Data yang diambil merupakan data 4 semester pada periode tahun ajaran 2021/2022 dan 2022/2023. Hasil yang didapatkan dari proses Data Mining akan menjadi bahan evaluasi untuk akademik Politeknik TEDC Bandung. Analisis kinerja akademik diolah menggunakan metode klasifikasi Algoritma Naive Bayes. Penelitian ini menggunakan 240 data latih dengan 10 atribut pertanyaan yang diolah menjadi 2 cara, yaitu diolah dengan satu per satu atribut pertanyaan dan keseluruhan atribut pertanyaan secara langsung. Hasil tertinggi pada penilitian ini memiliki akurasi 100%, precission 100%, recall 100% dengan simple distribution "memuaskan" senilai 0.753. Nilai akurasi ini didapatkan dari 240 data latih dan 59 data uji yang sudah diberi label menggunakan metode klasifikasi Niave Bayes.
Kata kunci: Politeknik TEDC Bandung, Akademik, Data Mining, Klasifikasi, Naïve Bayes.
TI 230019 | TI 423 MUH a | My Library | Available |
No other version available