Text
Sarana Komunikasi Donatur Terintegrasi Bot Telegram (Studi Kasus Pelita Intan Muda Garut)
Pelita Intan Muda (PIM) memiliki sistem open donasi yang sedang berjalan saat ini dimulai dari penyebaran pamflet open donasi melalui media sosial hingga sampai kepada donatur. Donatur yang tertarik untuk berdonasi kemudian akan mencari akun media sosial anggota PIM untuk bertanya, konsultasi, atau konfirmasi transfer donasi. Hal ini mengakibatkan bermunculannya akun palsu yang mengatasnamakan anggota PIM untuk tujuan penipuan sehingga menimbulkan kerugian bagi donatur ataupun yayasan. Sistem pencatatan dan pelaporan donasi dinilai belum efektif karena terdapat hambatan-hambatan dalam pelaksanaanya. Oleh karena itu. diperlukan sistem informasi yang menjamin kepercayaan dan kenyamanan untuk donatur dalam mengkomunikasikan donasi, serta sistem pencatatan donasi yang lebih efektif. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sistem informasi sebagai sarana komunikasi donatur Pelita Intan Muda Garut yang terintegrasi bot Telegram, serta menguji aplikasi menggunakan metode black box testing dan User Acceptance Testing (UAT), dengan metodologi penelitian yang diterapkan yaitu System Development Life Cycle model Waterfall, Hasil black box testing menunjukkan bahwa fungsionalitas sistem yang dibuat sesuai dengan harapan dan hasil UAT mendapatkan nilai 90% sistem telah memenuhi kebutuhan pengguna karena menambah kenyamanan pada proses komunikasi donatur mengenai konfirmasi donasi, mendapatkan laporan dan informasi pelaksanaan donasi, serta memberi kemudahan dalam proses pencatatan dan pelaporan donasi yang dikelola.
Kata kunci Sarana Komunikasi, Donatur, Bot Telegram, Pelita Intan Muda.
TI 230037 | TI 423 HAS s | My Library | Available |
No other version available